Minggu, 30 Desember 2012

Festival Kembang Api di Jepang(Hanabi Matsuri)

Sebentar lagi kita akan melewati pergantian tahun. Pada momen ini hal yang paling ditunggu-tunggu masyarakat adalah festival kembang api. Hal ini sudah menjadi hal yang mendunia.Tapi tahukah kalian bahwa fastival kembang api yang ada di Jepang tidak dirayakan saat tahun baru?

Festival kembang api di Jepang akan dilaksanakan pada saat musim panas. Sejarah dilaksanakannya festival ini adalah sebagai perayaan untuk mendoakan penduduk yang meninggal akibat epidemi kolera dan kelaparan besar pada tahun 1732. Untuk sejarah lengkapnya silahkan dibaca disini.

Festival ini biasa disebut dengan "Hanabi Matsuri". Hanabi artinya kembang api, sedangkan matsuri artinya festival. Jadi "Hanabi Matsuri" bermakna festival kembang api. Untuk perayaannya sendiri dilakukan di pinggir sungai. Hal ini dikarenakan refleksi cahaya di air akan terlihat lebih indah. Bukan hanya terdapat kembang api saja, namun terdapat juga tempat hiburan seperti bazzar disekeliling area dilaksanakannya hanabi matsuri.

Masyarakat yang datang beraneka ragam. Mulai dari orangtua, anak-anak dan tentunya remaja. Dan tradisi untuk menghadiri festival ini adalah dengan menggunakan "Yukata". Yukata merupakan kimono non formal yang biasa digunakan untuk menggantikan kimono sesungguhnya disaat terdapat acara non formal. Dan Yukata sudah menjadi pakaian wajib ketika hanabi berlangsung. Walaupun tidak semua orang yang hadir menggunakan yukata, namun sebagian besar akan menggunakannya(terutama perempuan).
(sumber)

(sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar