Minggu, 30 Desember 2012

Penyedap rasa khas Jepang (Katsuobushi)

Apabila anda merupakan penggemar masakan Jepang maka akan tidak asing dengan istilah katsuobushi. Katsuobushi merupakan daging ikan cakalang yang diawetkan sedemikian rupa sehingga bentuknya berubah menjadi mirip batang kayu yang keras.
(sumber)
Tahukah kalian bahwa untuk membuat katsuobushi diperlukan kerja yang sangat berat dan waktu yang panjang. Kurang lebih kita membutuhkan waktu setengah tahun untuk membuatnya. Prosesnya pun terbilang rumit dan membutuhkan tingkat keuletan yang sangat tinggi. Secara umum proses yang dilakukan dalam pembuatan katsuobushi adalah:
  1. Pembersihan ikan, pembelahan, dan pembuangan duri
  2. Mengkukus ikan kurang lebih sekitar 2jam
  3. Pengasapan
  4. Molding atau pelapisan dengan lumpur(lapisan inilah yang membuat honkarebushi menjadi keras)
  5. Keringkan di bawah sinar matahari
Sungguh sangat rumit. Apabila kalian ingin tahu lebih detailnya silahkan klik disini. Atau kalian bisa menonton dorama Jepang yang berjudul "Osen" karena pada episode 9 dijelaskan cara membuat katsuobushi dan menjelaskan bahwa arabushi dan honkarebushi(jenis dari katsuobushi) adalah berbeda dalam waktu pembuatannya.

Dibalik penampilannya yang biasa saja, katsuobushi memegang peran penting dalam dunia perkulineran di Jepang. Hal ini tidak mengherankan karena hampir semua masakan menggunakan katsuobushi. Katsuobushi digunakan sebagai penyedap rasa yang biasa digunakan untuk membuat dashi(kaldu dasar untuk membuat semua jenis masakan Jepang) atau menyajikannya langsung diatas makanan(contoh: onigiri, takoyaki, ramen, teppanyaki, dll).
Takoyaki dengan katsuobushi sebagai topping (sumber)


Karena bentuknya yang seperti kayu, kita harus menyerutnya menjadi serpihan kecil agar bisa digunakan sebagai penyedap rasa. Serutan yang umumnya dimiliki oleh keluarga-keluarga di Jepang berupa serutan dari papan kayu.
Serutan katsuobushi (sumber)

Katsuobushi setelah diserut (sumber)
Selain tersedia dalam bentuk batangan(kita harus menyerut sendiri), terdapat pula katsuobushi yang sudah diserut dan dijual dalam kemasan. Ini bertujuan untuk memudahkan dan saving time bagi orang-orang yang sibuk.


Katsuobushi dalam kemasan (sumber)

1 komentar: